INHERITANCE & POLIMORFISME



INHERITANCE


Inheritance sendiri memiliki arti pewarisan. Yang dimaksud pewarisan dalam hal ini adalah beberapa data dan method menurunkan suatu karakteristik yang dimiliki oleh data dan method tersebut kepada kelas / object yang lain.dan kelas yang mewariskan / menurunkan suatu karakteristik itu disebut super class / induk kelas, sedangkan yang diberi warisan / diberi turunan yaitu sub class / anak kelas.
Misal contoh dalam dunia nyata : kucing anggora jika dia beranak pasti anaknya akan memiliki sifat, bentuk, karakteristik bulunya seperti pada induknya.inheritance / pewarisan juga memiliki beberapa keuntungan, diantaranya yaitu :

1)      Memiliki sifat reusable -> tidak harus mengcopy data-data dan method jika ingin digunakan / di panggil lagi saat dibutuhkan.
2)      Kemudahan dalam mengatur / mengendalikan class yang mempunyai data dan method yang sama.

Inheritance juga memiliki tujuan :

dapat menggunakan ulang kode yang sudah di urutkan dalam class yang bertujuan untuk membentuk class yang baru .

inheritance sendiri merupakan cirri khusus dari oop (object oriented programming).
Jadi kesimpulan dari inheritance atau pewarisan itu sendiri adalah penurunan sifat yang sama dari super class / induk kelas kepada sub class / anak kelas yang sifat sub class itu sendiri memiliki karakteristik yang sama persis dari super class.

Polimorfisme


Polimorfisme sangat berhubungan sekali dengan inheritance / pewarisan. Polimorfisme menurut  
pengertian dari saya adalah bahwa pada object / bidang  yang memiliki sifat dinamis dan sama dengan kelas yang diturunkannya dalam arti lain yaitu memiliki banyak bentuk. Polimorfisme ini terjadi karena hubungan pewarisan dengan hal yang bersifat dinamis.

Contoh : 
Laptop dan buku memiliki sifat yang sama yaitu dapat dibbuka dan ditutup, sedangkan untuk laptop untuk membuka dan menutup dapat dilakukan secara vertical sedangkan buku dapat dibuka secara horizontal.

 
Share on Google Plus

About oralucu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments: