Contoh Bab 1 (Web Ajax)


 JUDUL                        

 Penjualan Baby Toys berbasis web (Online Store)dengan metode AJAX

LATAR BELAKANG
Di era modern seperti saaat ini banyak orang yang sibuk dengan rutinitas kegiatan sehari-hari, dengan adanya online shop ini maka akan mempermudah konsumen dalam membeli aneka barang di online store. Online Store atau berbelanja online merupakan sebuah proses membeli barang atau layanan dari penjual yang berdagang di Internet. Sejak munculnya World Wide Web (WWW) a.k.a Internet, penjual dapat menjual barang dagangannya pada seseorang yang sedang berselancar di dunia maya. Pembeli dapat mengunjungi sebuah web store langsung dari rumah mereka dan membeli sebuah barang dengan hanya duduk di depan komputer. Konsumen dapat membeli berbagai macam barang dari toko online (online store). Faktanya, orang-orang dapat membeli hampir apa saja dari perusahaan yang menyediakan produknya secara online. Semisal Baby Toys merupakan produk yang dapat dibeli konsumen pada toko online.
          Banyak orang memilih untuk melakukan online shopping karena kemudahan yang dimilikinya. Sebagai contoh, ketika seseorang berbelanja pada toko konvensional, maka orang tersebut harus berkendara ke toko yang dimaksud, menjumpai kemacetan, harus menemukan sebuah tempat parkir, dan berjalan pada lorong toko sampai dia menemukan penjual produk yang dibutuhkan. Setelah menemukan produk yang ingin dibeli, maka dia harus antri untuk membayarnya pada kasir akan merepotkan konsumen.


      Bandingkan jika Anda berbelanja secara online. Anda hanya menyalakan komputer yang terhubung dengan Internet, membuka browser, mengakses online shop, memilih barang yang diinginkan, dan membelinya secara online. Dalam waktu yang tidak lama, barang tersebut akan langsung diantarkan ke rumah Anda. Begitu mempermudah konsumen dalam melakukan pembelian barang tanpa dating langsung ke toko. Dan biasanya online shop banyak yang menggunakan format HTML tetapi di online shop ini menggunakan format Web berbasis AJAX, AJAX adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu pendekatan dalam merancang dan mengimplementasikan aplikasi web.
AJAX merupakan singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. AJAX digunakan untuk membuat aplikasi web yang berfungsi seperti aplikasi desktop. Jika pada HTML, pengguna pertama melakukan ‘action’ atau mengirim perintah melalui web browser yang kemudian diteruskan ke web server. Server kemudian memproses perintah itu, mungkin mengirimkan perintah lebih lanjut, dan akhirnya merespon apa yang diminta pengguna.
          Meskipun pendekatan ini bekerja baik pada awal perkembangan internet, untuk aplikasi web modern, cara kerja HTML tersebut akan membuat pengguna menunggu terlalu lama sebelum perintahnya dapat direspon. Pengguna sudah terbiasa dengan respon cepat saat mereka menggunakan program dari desktop. Dengan menambahkan lapisan tambahan antara antarmuka (interface) pengguna dan komunikasi dengan server, AJAX menghilangkan banyak jeda waktu untuk sebuah aplikasi web dalam menjalankan fungsinya. Aplikasi AJAX terdiri dari sejumlah aplikasi yang digunakan bersama untuk menciptakan pengalaman browsing yang lebih cepat dan menyenangkan. Berbagai aplikasi ini termasuk Extensible HTML (XHTML) dan Cascading Style Sheets (CSS) untuk membangun dasar struktur halaman (underlyimg page structure) dan gaya visualnya. AJAX yang mampu menampilkan fungsi yang kompleks dan interaktivitas yang hampir tanpa celah.


RUMUSAN MASALAH    

  1. Apa tujuan digunakannya AJAX dalam online store ini ?
  2. Apakah penjualan Baby Toys pada online store berbasis AJAX lebih efektif dan efisien dari pada penjualan pada toko konvensional ?
  3. Apakah semua masyarakat mampu menggunakan jasa penjualan Baby Toys pada online store berbasis AJAX ini ?


TUJUAN            

  • Tujuan utama dari AJAX dalam online store ini adalah membuat halaman web terasa lebih responsif melalui pertukaran sejumlah kecil data dengan server di belakang layar, sehingga seluruh halaman web tidak perlu di-reload setiap kali pengguna membuat perubahan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan kegunaan halaman web.
  • Penjualan Baby Toys pada online store berbasis AJAX ini lebih efektif dan efisien dari pada penjualan pada toko konvensional, hal AJAX ini akan mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi karena konsumen tidak perlu datang langsung ke toko konvensionalnya, tidak repot dan online store ini berbasis AJAX jadi konsumen tidak memerlukan waktu lama untuk melihat barang-barang yang ada di online store ini, karena format AJAX iniakan  menampilkan barang-barang seperti layaknya pada desktop.
  • Semua masyarakat mampu menggunakan jasa penjualan Baby Toys pada online store berbasis AJAX ini karena prosesnya mudah seperti umumnya transaksi di online store yang berbasis HTML, dan di sini konsumen akan di permudah karena Web dengan berbasis AJAX lebih mudah dan cepat.


MANFAAT                 

Sebagai sebuah teknologi yang terkenal akhir-akhir ini, inilah manfaat menggunakan AJAX

  1. Penggunaan bandwidth: Karena konten HTML dari halaman web dilakukan oleh browser itu sendiri (menggunakan JavaScript yang merupakan bahasa pemrograman client-side), maka halaman web yang dibuat menggunakan AJAX dapat di-load relatif lebih cepat. Selain itu, karena tidak perlu adanya refresh untuk menampilkan data yang lebih banyak, maka bandwidth yang diperlukan untuk menampilkan informasi melalui halaman web akan lebih sedikit dibandingkan jika tanpa menggunakan AJAX.
  2. Pemisahan antara data, format, style, dan fungsi: Keuntungan lain dari AJAX adalah pendekatan AJAX membuat programmer untuk memisahkan antara metode dan format yang digunakan untuk penyampaian informasi melalui web.
Share on Google Plus

About oralucu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment